Mengendarai kendaraan bermotor seperti Sepeda Motor dan Mobil sudah sepantasnya untuk berhati-hati di jalan Raya, karena Jalan Raya itu pada dasarnya bukanlah milik pribadi, tetapi ada orang lain yang juga menggunakannya nya. Tetapi intinya sih, selalu utamakan Safety Driving ketika anda berlalu lintas. Sehingga tidak merugikan diri anda sendiri, maupun orang lain.
|
Foto depan RSI Sultan Agung Semarang | Foto by Otoraccy |
Hati-hati
Kita tidak bisa mengontrol pikiran orang satu dan orang lainnya, kita tidak bisa memprediksi mau kemana orang itu, karena kita tidak tahu tujuan mereka tanpa kita menanyakan terlebih dahulu. Maka dari itu sudah sewajarnya kita untuk berhati-hati.
Aktor Lalu-lintas
Kalo dilihat dari pengguna jalan, saya bisa menyimpulkan, ada beberapa aktor yang cukup sederhana disini :
- Manusia Pejalan Kaki
- Manusia Bersepeda Ontel
- Manusia Bersepeda Motor
- Manusia Berkendara Mobil
Jenis Mobil
Untuk mobil ini bisa berbagai macam dan jenis, bisa sedan, bmw, angkutan umum, bus, kontainer, truck dan kendaraan bermotor yang memiliki Roda lebih dari 2 dan selalu genap, seperti yang saya ambil referensi dari kamus bahasa.
mobil1/mo·bil/ n
kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau
lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk
menghidupkan mesinnya; oto; otomobil;
-- ambulans mobil khusus untuk mengangkut orang sakit, korban kecelakaan, dan sebagainya;
-- baja mobil yang berlapis baja;
-- balap mobil khusus untuk olahraga balap;
-- boks mobil truk angkutan barang dengan bak tertutup;
-- dinas
mobil milik instansi (perusahaan dan sebagainya) dan digunakan untuk
keperluan melaksanakan pekerjaan instansi, perusahaaan, dan sebagainya;
-- film mobil yang mengangkut segala peralatan pemutaran film di luar gedung;
-- pribadi mobil milik perseorangan dan dipakai untuk keperluan sendiri;
-- sport mobil untuk keperluan olahraga balap; mobil balap;
-- toko
mobil yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai
tempat menjual barang (makanan, majalah, koran, dan sebagainya),
biasanya berkeliling di kawasan permukiman atau berhenti di suatu
lokasi;
-- umum mobil untuk keperluan pengangkutan umum (seperti bus, taksi);
Lalu Bajaj bagaimana? Rodanya kan 3 / ganjil?
Berarti kita anggap saja itu sepeda motor dengan tambahan satu roda...
Ok.. clear ya...
Jadi ada 4 aktor sederhana diatas..
Siapa aktor yang paling lemah?
Aktor yang paling lemah adalah Pejalan Kaki..
Menyusul tingkatan sesuai daftar / berarti aktor paling kuat adalah mobil.
Lalu korelasinya apa dengan tips berlalu lintas di jalan raya?
Dari aktor tersebut, saya bisa memberikan tips..
1. Aktor yang paling kuat harus memahami ada aktor yang lemah di bawahnya,
jadi perlu dijadikan sebuah pemikiran harus berhati hati.. agar tidak mencederai aktor lemah. Karena tentu dampak yang dihasilkan tinggi dan pada akhirnya yang harus bertanggung jawab adalah aktor yang kuat sekalipun yang salah adalah aktor lemah.
Ini dari segi tatanan sosial ya.. bukan antara benar dan salah, karena jelas yang terkena damage tinggi adalah aktor lemah.
Maka sebagai aktor yang lebih kuat perlu menyadari ada aktor yang lebih lemah dibawahnya. Sehingga bisa menjadi lebih berhati hati dalam berlalu lintas. Tidak seenaknya sendiri.
Beberapa kejadian ada yang diamuk masa karena hal ini..
Ingat Rule : Lihat aktor yang lebih lemah, maka kau akan lebih berhati hati.
Jalan Raya bukan Sirkuit Balapan bung!
Kalo gak pengen telat ya, berangkat lebih awal..!
2. Aktor yang lebih lemah perlu sadar, ada aktor yang lebih kuat,
Maka perlu untuk berhati hati dalam setiap tindakan, misalnya aktor yang paling lemah ( pejalan kaki ) hendak menyebrang jalan, tengok dulu kanan kiri.. jangan asal nyebrang! Ingat, ada aktor yang lebih kuat yang bisa saja dalam tatanan sosial disalahkan, padahal bukan dia yang salah! Ingat ini baik baik.. kasian jika mereka harus menanggung biaya yang sebenarnya bukan kesalahannya! Atau kasian jika mereka harus mendapat tindakan sosial tertentu.. akibat bukan kesalahannya..
Sehingga semua fair..
Dan ini juga bermanfaat untuk kalian aktor yang lebih lemah.. sehingga keselamatan terjaga.
3. Toleransi di Jalan Raya itu perlu dalam berlalu lintas.
Toleransi itu bukan egois...
Misalnya, tau ada motor mogok, tidak dibantuin malah di klakson...
Misalnya, udah tau jalan raya, eh malah ngerokok dijalan, selain asap kemana mana, juga percikan rokok mengenai pengendara dibelakang.. jika ini tukang ojek, maka asapnya berdampak buruk terhadap yang diboncengin...
Ingat, merokok ada tempatnya.. dan jalan raya bukan tempatnya..
(Kalo gitu anda tidak toleransi dong?Dengan pempersilahkan merokok bukannya toleransi) bukan gitu bung soal toleransi! Toleransi itu mempersilahkan sesuatu yang tidak merugikan..
Lha, itu kan merugikan dan manfaatnya ke orang lain gak ada sama sekali..
4. Perhatikan Waktu, ini penting agar anda tidak tergesa gesa.
Sehingga, anda bisa berkendara dengan baik dan tidak grusa grusu dan merugikan diri anda sendiri serta orang lain. Datang lebih awal, kita tau di jalanan itu hampir sulit di prediksi, walau ada aplikasi untuk ngliat situasi jalanan macet atau kagak, seperti Google Map.
Kita juga tidak tau perihal cuaca bukan?
5. Taati rambu rambu lalu lintas! Kenapa ada rambu rambu lalu lintas..?
Yang salah satu fungsinya buat tadi.. agar aktor aktor bisa aman.
6. Cek kondisi kendaraan sebelum berlalu lintas.
Hal ini penting, misal cek kondisi rem, ban, lampu sein, lampu penerang, klakson dan lainnya..
Jika anda adalah aktor pejalan kaki.. maka anda bisa cek kondisi anda.. jika lelah.. maka istirahat dulu.. jangan dipaksakan.
7. Jangan berkendara dalam kondisi ngantuk!
Istirahatlah dulu jika ngantuk.. minggirlah ke rest area terdekat..
8. Jangan lupa perkakas standar motor,
jika sewaktu waktu terjadi trobel di jalan, setidaknya bisa mengatasi sendiri dulu, jika bengkel ternyata jauh..
Misal pompa ban.. hal ini bermanfaat untuk mengatasi ban motor ketika bocor halus atau bocor kecil.. soalnya kalo ban meletus kan udah tidak bisa di pompa.. hehe
Misal juga Kunci Busi.. jangan lupa bawa busi serep untuk motor..
Terutama jika kalian melintasi jalan yang berpotensi genangan air.. kunci busi bertujuan untuk dapat bongkar pasang busi motor anda.. tanpa kunci.. hal itu akan sulit dilakukan walaupun sebenarnya gampang.
9. Janganlah lupa untuk berdoa. Yup!
Ini tips utama yang saya berikan.. ingat.. kita ini hanyalah manusia.. tidak ada yang bisa disombongkan sama sekali.. bahkan di bumi.. kita seperti halnya sebutir debu..
Berdoa lah.. berdoalah.. untuk diberikan kelancaran dan keselamatan, tidak hanya untuk pribadi, melainkan oeang lain juga.
10. Ingat bro.. jalan raya bukan ajang untuk pamer..
Jalan raya bukan arena balapan.. ingat itu.. kalo buat konten youtube atau media share video lain, jangan membahayakan diri sendiri dan orang lain.. Think again.. Oke bro :)
11. Jangan lupa pakai Helm dan pelindung standard lainnya
jika pakai sepeda motor.. ini penting, jangan disepelekan.
12. Pastikan surat surat lengkap..
13. Jangan melebihi batas wajar kendaraan.. :)
misal sepeda motor hanya untuk 2 orang, dipakai 5 orang.. :) kan ajib.. hehe
Misal mobil kapasitas 4 orang, dipakai 20 orang.. kan sesek.. hehe
14. Kalau lapar, menepilah dan cari makanan... ingat!
Di era sekarang ini selalu terapkan protokol kesehatan..
Kasian ya kita.. :) kemana mana gak nyaman... ( jangan cari makan jika belum buka kalo anda puasa..bisa batal puasa anda)
14. Anda harus punya tujuan jelas mau kemana..
karena kalo tidak.. bisa bingung anda dijalan.. dan ini berbahaya jika anda sebagai pengemudi.
15. Jangan berhenti mendadak..
Bahaya juga, karena membahayakan pengendara dibelakangnya.
16. Jangan menyalakan lampu sein mendadak ketika belok..
nyalakanlah jauh jauh sebelum anda belok.. agar orang dibelakan anda paham..! Karena itulah fungsi lampu sein.. memberitahukan ke orang lain tanpa harus bicara tentang tujuan kita.. :) pastikan juga lampu sein yang dinyalakan itu tepat dengan arah yang dituju..
Misal jangan sampai nyalakan lampu sein kanan, eh ternyata belok kiri.. wkwkwk
17. Hindari Penggunaan Telepon Genggam
Jika anda mendapati tiba tiba telepon genggam anda aktif dan anda ingin segera membuka pesannya, maka menepilah.. jika anda pejalan kaki, carilah tempat yang aman untuk menepi, karena berbahaya ketika kita sambil menggunakan telepon genggam, karena bisa menghilangkan fokus anda dalam berlalu - lintas.
18. Jangan Ngebut, Usahakan Stabil Kecepatannya dalam Berkendara
Hal ini sebenarnya juga berkaitan dengan tips, "Jangan Tergesa gesa", karena hal ini menghindari kehilangan kendali.
Permenhub No. 111 Tahun 2015 Pasal 3 tertulis batas kecepatan di jalan bebas hambatan dalam kondisi arus bebas paling rendah 60 km/jam, dan paling tinggi 100 km/jam.
Sedangkan jalan antarkota, batas paling tinggi adalah 80 km/jam. Sementara itu di kawasan perkotaan, batas kecepatan paling tinggi 50 km/jam, tetapi di kawasan permukiman batas paling tinggi hanya 30 km/jam.
Hal ini juga sama ketika jalanan habis hujan / jalan licin, jelas lah.. anda harus berhati hati untuk tidak memacu kecepatan tinggi, karena jalanan yang licin ini sangat berbahaya dan sangat memungkinkan anda kehilangan kendali... terlebih jika ada kendaraan yang tiba tiba berhenti.. kita tak pernah tau khan...
lalu dengan melakukan pengereman mendadak, hal ini sangat berbahaya ketika anda berada di jalanan after rain / setelah hujan / jalanan yang licin.
Kesimpulan
Tips diatas semoga dapat menambah rasa "Peduli akan Keamanan dan Kenyamanan" dalam berlalu lintas. Ingat, lalu lintas ada beragam aktor.. dengan saling toleransi, insyaAllah akan aman... dan keselamatanpun terjaga..
Bang, lalu bagaimana dengan Pesawat?
Bagaimana dengan Kereta Api?
bukankah mereka juga termasuk ada di lalu lintas...? Pesawat dan Kereta Api itu telah memiliki jalur pribadi.
Kereta Api memiliki rel kereta, sedangkan pesawat juga sudah memiliki rute yang telah diatur oleh pihak berwenang.. sehingga itu tidak termasuk dalam pembahasan ini..
Tetapi anggap saja, kendaraan tersebut merupakan aktor paling kuat yang tidak bisa diganggu gugat..
Artinya.. kita tak bisa bukan memberhentikan kereta api tanpa kewenangan? wkwkwk
Itu yang saya maksud.. mereka punya rule .. dan rute.. sedangkan kita ketika berkendara memang sih ada rute jalannya ya.. tapi kan kita bebas mau kemana saja..
maka dari itu, tiap orang tidak bisa mengontrol orang lain disini.. kecuali dirinya sendiri yang menerapkan Safety Driving
Sedangkan kayak kereta api, itu udah ada yang ngatur, ya jelas, orang yang berwenang.. dan pengemudipun harus taat, tidak bisa semena mena melanggar rule.. :)
Tujuannya pun jelas, dan tidak bisa berhenti sembarangan.. wkwkwk
Itulah bedanya, kenapa tidak saya masukkan dalam aktor...
itu pemikiran saya pribadi, tidak ada tujuan Promosi.. anda bisa lihat sendiri ya.. tidak ada promosi sama sekali! murni pemikiran saya sendiri, supaya teman teman dan sebagai pengingat saya pribadi menjunjung tinggi TOLERANSI dalam berkendara...
sehingga ketika kita berada di jalan raya / berlalu lintas, saling menjaga keamanan satu sama lain..
*Catatan Pribadi..... Jangan di Copas Sembarangan! Terlebih untuk kepentingan komersil! atau untuk SOFT SELLING!
*Jika ada kesalahan dalam penyampaian, tolong berikan pembenaran di kotak komentar.
*Saya berusaha menuliskannya sebaik dan seteliti mungkin, sehingga diharapkan tidak memberikan dampak buruk yang tak diingiukan.
TTD
Otoraccy.
Posting Komentar untuk "18 Tips Aman Berlalu - lintas di Jalan Raya"